Pengembangan Bisnis UMKM Alumni Unpad Tuai Apresiasi

  • by

Kementerian Koperasi sedang merancang program-program terhadap pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tepat sasaran.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran Kementerian Koperasi dan UMKM, Fiter Silaen, pemerintah mendorong agar UMKM meningkatkan produknya, perlindungan hukum, standardisasi, sertifikasi dan perluasan akses pasar khususnya ke luar negeri.

“UMKM jangan terpaku memasarkan produk di dalam negeri, namun harus berorientasi eskpor. Marketing dan pemasaran bisa melalui expo, juga diaspora luar negeri yang bisa dimanfaatkan menjadi market intelijen sehingga UMKM akan semakin berkembang dan memiliki daya saing yang kuat,” kata Fiter Silaen dalam “Bincang Santai UMKM Alumi Unpad” melalui webinar, Sabtu (16/5/2020) seperti dalam rilis yang diterima Tribunjabar.id, Minggu (17/5/2020).

Fiter Silaen sangat mengapresiasi pengembangan bisnis UMKM alumni Unpad. Dia mengaku akan turut mendorong bagaimana mengkolaborasikan potensi-potensi UMKM yang ada pada alumni agar sejalan dengan program-program pemerintah khususnya program UMKM.

“Pemerintah sendiri menitikberatkan kepada peningkatan eskalasi kelas UMKM, yang bisa menggerakan roda perekonomian, dan tidak terjebak pada kelas survival stage. Namun meningkat terus hingga kemudian menjadi besar dan menjadi pilar menopang perekonomian negara yang pada saat pandemic covid-19 ini salah satunya bertumpu pada kekuatan bisnis UMKM,” katanya.

Sumber : Tribun Jabar